27 Oktober 2016

Tips Berolahraga Saat Berpuasa

Hindari kebiasaan bermalas-malasan saat menjalankan ibadah puasa, apalagi sampai meninggalkan kegiatan olahraga yang rutin Anda lakukan setiap hari dan menjadikan puasa sebagai alasannya. Padahal saat Anda berpuasa, kegiatan olahraga masih bisa dilakukan seperti biasa. Selain asupan makanan dan minuman sehat saat sahur, yang perlu Anda perhatikan adalah menentukan jenis olahraga selama berpuasa.

Ilustrasi Tips Berolahraga Saat Berpuasa

Pilih waktu yang tepat

Mentang-mentang masih merasa sanggup lantas Anda terlalu bersemangat dan melakukan olahraga di pagi hari setelah sahur. Melakukan aktivitas fisik pada pagi hari akan menguras tenaga yang akan menjadi cadangan energi untuk melakukan aktivitas lainnya seharian. Waktu yang ideal untuk berolahraga adalah saat-saat menjelang buka puasa, lebih tepatnya satu atau setengah jam sebelum berbuka, karena Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk makan dan minum, saat merasa haus setelah berkeringat karena olahraga.

Olahraga secukupnya saja

Saking asyiknya berolahraga, Anda bisa saja lupa jika sedang berpuasa. Nah, untuk menghindari hal itu sebaiknya olahraga yang Anda lakukan harus dibatasi tidak lebih dari satu jam. Ketahui juga batas kemampuan tubuh Anda, jangan memaksakan diri untuk olahraga terlalu lama. Kualitas lebih penting daripada kuantitas, perlu di ingat juga olahraga di bulan puasa bertujuan untuk mempertahankan kebugaran tubuh, bukan untuk membentuk tubuh atau mencapai tujuan lainnya.

Jogging atau jalan kaki

Sekali lagi, Anda sedang menahan lapar dan haus, jadi jangan terlalu memaksakan untuk melakuka olahraga sama seperti ketika tidak berpuasa berpuasa. Pilihlah olahraga ringan dan mudah dilakukan. Hindari angkat beban dan olahraga yang memakan waktu lama. Olahraga paling ideal di bulan puasa adalah jogging atau jalan kaki, selain mudah dilakukan juga membuat tubuh semakin bugar.

Yoga

Olahraga yang kini sedang digandrungi oleh kaum laki-laki dengan gerakan ringan yang memberi dampak kebugaran adalah yoga yang mengedepankan latihan peregangan otot atau sejenis pemanasan. Yoga setidaknya berguna untuk melemaskan otot dengan melakukan gerakan tubuh supaya lebih segar. Nah, seperti jogging atau jalan kaki, yoga sebaiknya dilakukan saat mendekati waktu berbuka. Meskipun yoga bisa dilakukan di dalam rumah, namun dampaknya tetap menguras energi. Biasanya akan membuat Anda merasa haus sehingga keinginan untuk minum cukup tinggi.

Referensi: sooperboy.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar